Pembuatan Pupuk Organik dan Kalium Cair

Karangsumber, 19 November 2019 Pembuatan Pupuk Organik dan Kalium Cair yang dilakukan oleh para Peserta SL ( sekolah Lapang ) dan Dinas Pertanian Tingkat Kecamatan di Desa Karangsumber.

Dengan adanya kegiatan Sekolah Lapang (SL) Kelompok tani Desa Karangsumber IPDMIP.  Proses pembuatan pupuk Organik dan Kalium Cair, sebagai penunjang pertumbuhan tanaman dan membasmi hama secara alami tanpa ada kandungan pestisida dan racun yang baik untuk tanaman dan sehat untuk di konsumsi.

Adapun kegunaan dari Pupuk Cair Organik sebagai pembasmi tanaman secara alami dan untuk penyubur tanamanan khususnya untuk tanaman padi dan palawija. Kemudian Kalium sebagai vitamin tanaman supaya tumbuh subur.

Selanjutnya bahan-bahan untuk membuat Pupuk Organik cair adalah Urin sapi, Tetes ternak, Em4, Jahe, Lengkuas, Bawang putih, Serai, daun Sirsak, daun Pepaya, Kunyit, sedangkan untuk membuat kalium bahan-bahannya adalah Air, Em4, Tetes ternak, Serabut Kelapa.

Cara pembuatannya sebagai berikut :

1. Pupuk Organik Cair, semua bahan-bahan rempah dan dedaunan di tumbuk terlebih dahulu supaya hancur dan dapat di urai bakteri yang terkandung didalam Em4, Kemudian di rendam dalam Drum atau Tong dan diaduk biar tercampur merata kemudian di tutup rapat-rapat dan diamkan selama 3 minggu dengan ketentuan setiap hari di buka dan di aduk kemudian di ntutup kembali. sebaiknya di waktu pagi hari.

2. Kalium Cair, pertama serabut kelapa di campur di dalam air di dalam Tong/Drum, Sementara serabut kelapa tercampur dengan air kita siapkan bahan lainnya yaitu Em4 dan tetes ternak kita aduk dengan air di dalam ember terlebih dahulu. Setelah tercampur kita tuangkan kedalam Tong/Drum.

Tujuan dari Pelatiahan Pembuatan Pupuk Organik dan Kalium Cair agar petani dapat membuat sendiri dan tidak ketergantungan pada obat-obat kimia yang dijual di toko-toko pertanian.

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan